Belajar Plc Dan Fungsinya

Programmable Logic Controller atau lebih sering disebut PLC merupakan smart device yang dapat diprogram untuk automasi suatu proses industri. Umumnya PLC digunakan di pabrik-prabrik untuk mengontrol mesin-mesin agar dapat bekerja secara otomatis.
PLC bisa diprogram? Bahasa apa yang digunakan??
PLC pada umumnya menggunakan bahasa pemrograman yang disebut LADDER atau Diagram LADDER. Diagram Ladder menggambarkan program dalam benntuk grafik(bukan teks). Ladder dikembangkan dari kontak-kontak relay yang terstruktur yang menggambarkan aliran arus listrrik. Ladder ditulis menggunakan bentuk pictorial atau simbol yang secara umum mirip dengan rangkaian kontrol relay.
Apa saja komponen PLC?

PLC terdiri dari beberapa komponen yaitu:

  1. Memory, Setiap perangkat yang dapat diprogram pasti ada memory memory untuk menyimpan program.
  2. Central Processing Unit(CPU), membaca kondisi input dan memprosesnya sesuai instruksi yang telah di program dan mengeluarkannya pada output. 
  3. Input Output(I/O), Input merupakan perangkat masukan yang digunakan untuk membaca kondisi variabel fisik. Contohnya seperti sensor, push button, limit switch, dll. Output merupakan data yang dihasilkan setelah diproses pada CPU. Output digunakan untuk mengontrol perangkat atau mesin-mesin sehingga perangkat atau mesin-mesin tersebut dapat berjalan secara otomatis berdasarkan program yang telah ditanamkan pada PLC dan kondisi Input. I/O pada PLC dapat berupa variabel analog ataupun digital.
  4. Power Supply, memberikan sumber listrik kepada PLC sehingga PLC dapat bekerja.


Kenapa harus PLC?
Fungsi PLC secara umum yaitu:

  1. Sekuensial Control, yaitu menjaga agar setiap step atau langkah dalam proses berada pada urutan yang tepat.
  2. Monitoring Plant, PLC dapat memonitor keadaan suatu sistem secara real time sehingga dapat mengambil tindakan yang diperlukan atau mengirim pesan ke operator ketika timbul konsisi yang tidak diinginkan.

Dari kedua fungsi PLC tersebut dapat dilihat bahwa PLC memang sejak awal dirancang untuk memenuhi kebutuhan automasi pada proses industri. Jadi, hingga saat ini PLC merupakan pilihan terbaik dalam automasi proses industri.
Menurut saya itu saja pengetahuan dasar tentang PLC yang harus anda ketahui ketika memulai belajar PLC. Setelah anda mendalami PLC anda akan mengerti jauh lebih dalam tentang PLC dengan sendirinya. Kalau ada yang ingin ditanyakan bisa tinggalkan komentar atau pesan.  Semoga bermanfaat
Previous
This is the oldest page

1 komentar:

Click here for komentar
ADMIN
admin
4 Maret 2018 pukul 09.38 ×

nah keren ini gan, sengat bermanfaat bagi yang mau Belajar PLC

Congrats bro ADMIN you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment